NTRL

NTRL

11 April 2016 832 VIEWS

NTRL, sebelumnya bernama Netral, adalah sebuah kelompok musik yang dibentuk pada bulan November tahun 1991. Awal kemunculan kelompok ini ialah pada klip video berjudul “Wa..lah” di stasiun televisi MTV Indonesia yang saat itu masih kerjasama dengan ANTV. Tembang ini merupakan andalan album perdana yang dijadikan klip video pada era rock alternatif sedang berjaya pada 1990-an.

Saat dibentuk, kelompok ini terdiri dari tiga personel, yaitu Bagus Dhanar Dhana (Bagus) - vokal dan bassis, Gabriel Bimo Sulaksono (Bimo) - drummer, Ricy Dayandani (Miten) - gitaris. Dari perjalanan dekade 90-an tersebut saat ini hanya menyisakan Bagus sebagai pendiri yang bertahan. Posisi penabuh dan gitaris telah digantikan oleh Eno Gitara Ryanto (Eno) dan Christopher Bollemeyer (Coki). Sama halnya dengan label, dari label arus utama, sekarang mereka berdiri dengan bendera sendiri bernama Kancut Records.

Pada tahun 2005 pula, sekuel album ke VIII Netral berjudul Putih diluncurkan dengan tembang “Sorry” dan “Terbang Tenggelam”. Selanjutnya, tahun 2007, album ke-sembilan diluncurkan oleh Netral dengan hits single “Pertempuran Hati” dan “Cinta Gila”. Tahun 2009, album The Story Of diluncurkan dengan single “Garuda di Dadaku” dan “Hari yang Indah”. Tahun 2012, album Unity diluncurkan dengan single “Dia” dan “Senyum”, album ini sekaligus menjadi album terakhir dengan menggunakan nama Netral. Pada tahun 2015 grup musik ini resmi berganti nama menjadi NTRL dan meluncurkan tembang “Sakit Jiwa” sebagai andalan album 11/12.

HIGHLIGHT

KARAWANG: EMOSIONAL DI TITIK TERAKHIR

JOURNAL

KARAWANG: EMOSIONAL DI TITIK TERAKHIR

"Selamat malam Karawang! Senang bisa kembali ke kota kelahiran Aska Rockers!" gitaris sekaligus vokalis Rocket Rockers m..

KARAWANG : BERSENYAWA BERSAMA ROCKET ROCKERS, ARI PADI DAN STEVIE ITEM

KARAWANG : BERSENYAWA BERSAMA ROCKET...

Kolaborasi Musikimia bersama Rocket Rockers, Stevie Item dan Ari Padi menjadi kolaborasi penutup rangkaian Tour Rock Adventure 201..

KARAWANG : AKHIR RANGKAIAN TOUR

VLOG ROCK ADVENTURE 2016

KARAWANG : AKHIR RANGKAIAN TOUR

Kegiatan dibalik konser Rock Adventure 2016, dimana akan membuat Senyawa dan Sobat Padi lebih dekat dengan Musikimia dan musisi la..